//
you're reading...
Lifestyle

Kenali Manfaat Ngemil

Temuan dari salah satu produsen wafer menunjukkan bahwa 50 persen orang Indonesia menikmati waktunya ngemil bersama keluarga dan teman, 37 persen menikmati camilan sendirian, dan 13 persen orang ngemil saat bekerja atau di perjalanan. Snacking sudah menjadi kebiasan, namun jangan lantas menyalahkan camilan jika tubuh mulai gemuk. Menurut dr Ida, tubuh gemuk disebabkan asupan energi melalui makanan dan minuman tak seimbang dengan jumlah energi yang keluar melalui aktivitas harian dan proses alami dalam tubuh. “Tak seimbangnya energy in dan energy out inilah yang membuat kelebihan energi tersimpan dalam bentuk lemak,” lanjutnya. Untuk mendapatkan tubuh ideal dan menjaga penampilan, fokus utamanya bukan dengan melewatkan waktu makan, kata dr Ida. Ia melanjutkan, jika ingin tubuh ramping (ramping dalam persepsi kecantikan dan penampilan ideal perempuan abad 20-an), fokus utamanya adalah diet dengan menu lengkap seimbang setiap harinya. Artinya, Anda perlu tetap mengasup karbohidrat, protein, lemak, serat, vitamin, dan mineral setiap hari. Perhatikan juga kebutuhan kalori Anda setiap hari. Pastikan asupan kalori yang masuk seimbang dengan kalori keluar setiap harinya. Anda juga perlu memilih makanan dan camilan dengan kalori rendah agar tak kelebihan kalori setiap kali waktu makan. “Snack tak perlu dihindari, karena justru dapat membantu menstabilkan gula darah dan menjaga kesehatan saluran cerna. Karenanya makanlah dalam jumlah kecil namun sering, dan jangan menunda waktu makan. Snack sangat dianjurkan dengan syarat dibuat dalam komposisi seimbang. Bagi orang yang mengabaikan waktu makan atau snacking, justru mereka akan makan dalam jumlah banyak saat waktu makan berikutnya, inilah yang menyebabkan kegemukan pada banyak orang. Dua jam setelah makan besar, gula darah berada dalam titik maksimal dan kemudian turun, lalu tubuh merasa lapar. Nah, saat lapar sebelum waktu makan besar, Anda bisa snacking untuk menjaga gula darah agar kemudian tak membuat Anda menyantap makanan lebih banyak saat jadwal makan berikutnya,” jelas dr Ida. Tubuh punya jamnya sendiri, termasuk dalam menerima dan memproses makanan. Jadi, Anda perlu mematuhi aturan alami tubuh dalam waktu makan dan snacking, jika ingin langsing.

About Womans Idea

Info in trends, lifestyle, health, travel, beauty, fashions, big sales and everything around a womans world.

Discussion

No comments yet.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: