//
you're reading...
Travel

3 Tips Anti Gemuk Ketika Berlibur

Hal yang paling dikhawatirkan oleh banyak perempuan setelah menghabiskan cuti dan berlibur adalah kenaikan berat badan. Tidak heran mengingat di kala liburan Anda sering berkunjung ke berbagai restoran, cuti sejenak dari rutinitas di pusat olahraga, dan lebih banyak bersantai dan menikmati waktu-waktu yang berlalu.

“Namun, satu minggu liburan yang Anda isi dengan makanan serta snack yang berkalori tinggi dapat berakibat buruk pada kesehatan Anda nantinya,” kata Marissa Lippert, RD, seorang ahli gizi dari Manhattan.

Terkadang, problem yang Anda alami adalah bukan karena diniatkan, melainkan karena tidak ada pilihan. Misalnya, Anda terjebak delay di bandara dan tidak ada pilihan makanan lain selain yang cepat saji. Atau, Anda ingin makanan yang cepat disantap mengingat jadwal perjalanan masih begitu panjang.

“Penghambat terbesar Anda sebenarnya adalah pikiran Anda sendiri. Anda sedang jauh dari rumah, ingin menikmati liburan, dan sedang tidak ingin mengikuti aturan, termasuk dalam hal diet,” papar Lippert lagi.

Untuk menyelamatkan dorongan makan yang tidak terkendali di tempat liburan, Lippert memberikan tiga tips berikut ini:
1. Berpikir realistis
Menurut Lippert, pada saat liburan sebaiknya kita lebih menargetkan untuk menjaga berat badan ketimbang menurunkannya. Jika Anda bisa pulang ke rumah tanpa ada tambahan berat di tubuh, anggaplah saja Anda sukses.

2. Rencanakan makanan sebelumnya
Siapkan berbagai camilan sehat yang bisa dibawa di dalam tas untuk dimakan di tengah perjalanan atau saat keberangkatan pesawat ditunda. Meski Anda sedang liburan, jangan lupakan aturan 3 kali makan besar dan 2 kali makan kecil (snacking). Menurut Lippert, melewatkan waktu snack bisa membuat Anda makan berlebihan saat makan besar.

3. Wisata kuliner yang lebih selektif
Ingin mencicipi makanan daerah setempat? Silakan saja. Namun, aturlah waktu makan Anda, jangan sampai Anda berkunjung ke restoran setiap dua jam. Buatlah rencana kunjungan jauh-jauh hari sebelum liburan, tempat makan mana saja yang akan didatangi saat liburan, untuk makan pagi, siang, atau malam. Lalu, saat memesan makanan, perhatikan juga porsinya.

“Jika memang yang Anda santap sudah banyak, tidak ada salahnya bila Anda berbagi makanan penutup dengan orang lain, alih-alih memaksa menghabiskannya sendirian,” kata Lippert.

Sumber: Kompas

About Womans Idea

Info in trends, lifestyle, health, travel, beauty, fashions, big sales and everything around a womans world.

Discussion

No comments yet.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: